Persalinan Sesar 🤰


Tepat Setahun yang lalu tanggal 28 Desember 2016, saya melahirkan Leo 👶Dari awal saya dan suami sudah bertekad ingin lahiran normal. Tapi demi keselamatan Leo, saya harus menjalani persalinan sesar.
Ceritanya Duedate Leo tanggal 27 Desember 2016. Memasuki 2 minggu sebelum duedate, saya menjalani USG 3 kali per 3 hari. Selama 2 kali USG, kepala Leo masih diatas panggul, belum masuk kepanggul. Saat USG ketiga, Ternyata tanpa ketahuan ketuban saya sudah merembes dan denyut jantung Leo sudah melemah. Malam itu saya cemas, takut, rasanya masih tidak percaya. 

Tapi suami saya bilang “Dokternya sudah lebih canggih kok, sudah ya tenang aja, yang penting Mami sama Adek keluarnya sehat-sehat.” Suami saya sambil tenangin saya.

Akhirnya langsung ke RS.Siloam, malam itu ngurus admin sama kamar sampai jam 11 malam. Kebetulan akhir tahun banyak yang sudah booking, jadi banyak kamar full. Selesai itu kita langsung masuk kamar, langsung cek tensi, detak jantung debay, pasang infus. Walaupun emak tampang pemberani, kalau sudah lihat jarum suntik, langsung mewekk 😂Malamnya tetap khawatir dengan operasi besok dan berasa seperti kontrasi terus menerus.

Jam 8 pagi sudah mulai masuk ruang operasi yang super dingin, sekitar setengah jam mulai bius dipunggung bawah, beberapa menit langsung mati rasa bagian tubuh bawah. Saya dalam kondisi sadar, masih dengar dokter dan perawat lagi operasinya, dan karena sudah mati rasa, tidak bisa bergerak dan posisi tidak nyaman, jadi inginnya cepat-cepat selesai. Karena posisi Leo masih diatas panggul, jadi dibantu dorong dari perut atas sama 3 suster plus dokternya 🤣 

Tepat jam 9.15 WIB lahirlah “LEONARD CALIXTO”  Waktu dengar tangisannya, saya langsung nangis, rasanya bahagia Leo lahir dengan sehat. Suster sambil gendong Leo bilang ke saya “Bu, anaknya sehat, laki-laki ya.. ”

Sekitar setengah 11 siang saya keluar ruang operasi, saya mengigil hebat 😨Sekitar sejam mulai perlahan hilang mengigilnya, saya diantar masuk ke kamar saya. Sebentarnya langsung diantar juga Leo nya.

Perlahan biusnya mulai hilang, dan langsung coba dinyusuin dalam posisi yang masih super kaku. Leo kesulitan karna nipple saya flat. Malamnya suami langsung beliin pompa Asi manual.

Berkat dukungan suami, keluarga, dan suster-suster yang membantu saya menyusui Leo, Puji Tuhan Leo sudah mulai pintar nyusu dan dibantu pompaan manual 👶

Oya, Dokter yang menanggani saya namanya Dr.Ismail. Orang nya super sabar, dan terus nyemangati saya. .

Selama dirumah sakit saya dibawain masakan mama mertua saya. Masakan dengan Ikan gabus, makanan saya sebulan penuh, karena baik untuk pemulihan pasca operasi.

Selama 3 hari kami dirumah sakit,  akhirnya dokter mengizinkan pulang. Dengan catatan seminggu lagi saya datang check jahitan.

Setelah seminggu saya datang check jahitan. Dokter bilang ini jahitannya bagus. Langsung dibuka benang jahitan yang diluar. Selesai saya check jahitan, langsung ke dokter anak buat check kondisi Leo. #TandaBayiKuning

Terima kasih buat keluarga yang terus menyemangati saya. Terima kasih juga buat dokter dan suster-suster yang membantu  setiap proses persalinan saya.

Dan Terima kasih buat suami saya, yang terus mendampingi saya dari awal kehamilan, saat persalinan, dan sampai sekarang bersama saya membesarkan dan mendidik buah hati kita 💞

Saya menyadari Perjuangan seorang Ibu untuk anaknya sungguhlah besar. Tidak ada kata persalinan normal lebih baik menjadi seorang ibu. Baik persalinan secara normal maupun sesar, sama-sama mengorbankan dirinya demi keselamatan buah hatinya. Perjuangan seorang ibu bukan dinilai dari cara persalinannya, melainkan cara memperjuangkan yang terbaik untuk buah hatinya 💕

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s